Search

Jam

Selasa, 11 Oktober 2011

Oxford Kembangakan Mobil Tak Bersopir

Para ilmuwan Universitas Oxford tengah mengembangkan sebuah mobil yang dapat berkendara dengan sendirinya. Mobil seperti ini dipercaya dapat menjadi obat pengurai kemacetan yang terjadi di kota-kota besar.

Seperti dilansir Dailymail, Selasa 11 Oktober 2011, ide pembuatan mobil ini berasal dari mobil 'KITT' di serial TV tahun 80an, Knight Rider, yang dibintangi oleh aktor David Hasselhoff.

Menurut para ilmuwan, sistem mobil 'pintar' ini nantinya dapat menghilangkan penderitaan dari setiap pengemudi, yang kerap kali harus membuang waktu dan biaya karena kemacetan di jalan. Sebab, mobil 'pintar' tersebut terus mengupdate informasi mengenai jalan yang terkena macet dan memilih secara otomatis jalur yang lebih senggang.

Tidak hanya itu, pengendara yang kelelahan juga dapat memindahkan kemudinya kepada sistem 'auto-pilot', sehingga dapat beristirahat sejenak. Namun, masih terdapat perdebatan mengenai, boleh tidaknya pengendara yang mabuk dapat berkendara dengan sistem ini.

Mobil 'pintar' Oxford yang dinamai Wildcat, dibangun dengan bantuan dari Hi-tech Contractor BAe System. Teknologi ini dilengkapi dengan laser dan kamera, untuk melihat jalan, dan sebuah 'otak' yang canggih guna memproses informasi, membuat keputusan, serta beradaptasi sesuai dengan situasi, kecepatan, dan keadaan sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar